Rabu, 29 Mei 2013

5 Alasanku Untuk Terus Berlari

Sebenarnya artikel ini terinspirasi pada saat aku jalan dari mess ke kantor. Itupun ketika aku melihat sesorang sedang melakukan aktivitas lari dan aku juga membayangkan aku berada dalam posisi berlari itu.
Ada 5 alasan yang menyebabkan aku pengen untuk berlari. Adapun kelima alasan tersebut adalah:
1. Lari dapat menjaga kesehatan organ-organ vital tubuh
Lari adalah salah satu aktivitas kardio sport dimana aktivitas ini dapat menjaga fungsi seluruh organ tubuh kita khususnya organ tubuh vital seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal. Dengan berlari seluruh fungsi organ kita menjadi aktif bahkan dapat membakar segala bentuk penimbunan energi dalam bentuk lemak dan otot. Dengan berlari pula, maka kita dapat mengatur irama terhadap detak jantung dan aktivitas paru-paru kita. Cara pengaturannya adalah dengan mengatur irama lari misalnya pada gerakan awal kondisi slow, kemudian faster dan terakhir kita bisa melakukan sprint untuk kembali lagi ke kondisi slow motion. Adanya pengaturan irama ini, akan semakin mengatur kinerja dari jantung dan paru-paru untuk dapat menyesuaikan dengan fungsi normalnya. (ini merupakan pengalaman pribadi :)  )

2. Lari dapat memberi kesegaran awal dalam memulai aktivitas
Berdasarkan pengalaman pribadi, setelah melakukan aktivitas lari dan dilanjutkan dengan mandi, maka kita akan merasakan manfaat adanya energi baru yang siap untuk kita gunakan. Energi baru ini akan memberikan kita awal yang bagus untuk memulai aktivitas. Memang, untuk pemula, ketika selesai berlari akan terasa kecapean dan pegal-pegal. Hal itu wajar karena konsentrasi otot yang tiba-tiba dipaksakan dan tubuh yang belum terbiasa, akan tetapi ketika kita sudah menjalankan program berlari selama 1 minggu, kita akan merasakan energi ekstra yang keluar yang dapat menambah spirit untuk memulai aktivitas.

3. Lari dapat menurunkan berat badan
Percaya ga percaya, aktivitas berlari juga dapat menurunkan berat badan.


Nah ini kondisi saya sekarang:
Nah di poto ini saya nomor dua paling kanan. Ini kondisi dimana bobot saya 85 kg. 

Dari perbandingan kedua poto tersebut:
Tampilan sebelah kiri adalah ketika saya menggeluti aktivitas berlari pagi selama setahun sementara tampilan sebelah kanan itu ketika aktivitas berolahraga belum digeluti secara aktif.
Dari gambar terlihat bahwa ada perbedaan ketika saya melakukan olahraga lari rutin dengan sebelum melakukan latihan. Hehhe, yang dulunya mirip boboho sekarang lebih keliatan tingginya :D

4. Lari dapat menimbulkan ide-ide penyelesaian masalah
Ini ga bohong lho. Soalnya aku pernah kepikiran masalah kerjaan di kantor, terus pagi-pagi sebelum ngantor aku lari seperti biasa, eh waktu lari tiba-tiba terlintas ide yang dapat digunakan dalam menghadapi permasalahan di kantor. Menurut aku, ide ini bisa timbul karena sewaktu berlari, aku membiarkan untuk setiap pikiran dan perasaan dalam posisi bebas sehingga ketika kita bebas dari setiap permasalahan justru otak kita akan dipenuhi dengan ide-ide lain yang lebih baru bahkan lebih inovatif.

5. Lari juga menjadi kesempatan untuk melakukan praise and worship 
Jadi ceritanya ketika aku lari, aku nyanyi dan mendengarkan lagu-lagu rohani, tiba-tiba ada keinginanku untuk terus melakukan pujian dan penyembahan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berlari dengan latar belakang pemandangan sekeliling juga dapat menimbulkan kekaguman kita akan indahnya ciptaan Tuhan dan betapa kita dapat bersyukur masih dapat menghirup udara segar yang diberikan Tuhan kepada kita. Suatu hal yang sangat istimewa bukan ketika kita bisa memuji dan menyembah Tuhan sambil tetap melakukan hobby yang kita senangi?

Nah, itulah alasan-alasan kenapa saya senang berlari. tentu semua itu kembali lagi ke masing-masing pribadi dan memang tidak boleh dipaksakan. Saya sudah cerita, sekarang saya ingin bertanya, apakah Anda suka lari? Kenapa? Comment-comment ya.... 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar