Rabu, 15 Oktober 2014

Happy Birthday Med Milad Selamat Ulang Tahun IDN

ID-Networkers.... Mendengar nama ini sekarang sudah sangat eksist sekali (wuih hiperbola banget) kita temui khususnya ketika para networker-networker ingin menimba ilmu jaringannya lebih mantap lagi. Kenapa IDN jadi pilihan ya? Biaya yg murah, para pengajar yang masih dinamis atau sang pendiri sekaligus pemiliknya yang memiliki senyum yang aduhaiiii.....

Awal pertama sekali "berkenalan" dengan IDN pertama sekali adalah tahun 2012 ketika diriku mendapatkan durian runtuh, voucher untuk mengikuti ujian CCIE Written dan LAB gratis dari kantor tempatku bekerja. Senang sekaligus panik juga sih, senang karena akhirnya aku bisa berkesempatan untuk meraih gelar kersertifikatan di bidang yang katanya "dewa-dewanya" networker. Panik karena pada saat itu ilmu yang kumiliki belum mumpuni untuk menghadapi ujian. Ibarat mau ke medan pertempuran, senjata yang aku miliki cuma pistol air dimana tantangan yang dihadapi berupa peluru nuklir (ajib banget bahasanya, hehehe). Jadilah aku berpikir dan berstrategi gimana menghadapi tantangan ini. Langsung saja aku google tempat training yang baik dan "murah" untuk mempersiapkan medan perangku, hehehe (murah karena waktu itu niatnya memang pengen training pake biaya sendiri, xixixi). Dari hasil penelusuran sebenarnya ada 2 yang aku dapatkan. Tetapi berhubung di tempat training yang 1 sudah full, jadilah pilihanku jatuh ke IDNetworkers.
Sejak saat itulah IDN menjadi first minded untuk training-training perangkat jaringan IP.

DI IDN, aku mengikuti program CCIE RS bootcamp angkatan kedua. Ada banyak sahabat-sahabat yang kutemui pada program IDN ini. Program ini dikuti oleh sekitar 48 peserta selama 1 minggu di daerah yang sangat terpencil nun jauh di daerah Puncak. Selama seminggu, semua materi terkait ujian lab CCIE diajarkan kepada kami. Setiap harinya, dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam, setiap peserta dikumpulkan untuk pembahasan materi dan pengerjaan setiap tugas-tugas yang diberikan. Bagiku, selama 1 minggu itu benar-benar seperti masuk ke dalam ruang latihan yang kalau diibaratkan dalam ilmu silat sedang bermeditasi dan berlatih jurus demi jurus. Capek iya, bingung iya, ada perasaaan hopeless iya, tapi melihat semangat teman-teman yang lain semua perasaan-perasaan negatif itu hilang digantikan dengan semangat untuk meraih nomor bergengsi. Dan percaya tidak percaya, semua yang ditempa selama 1 minggu itu adalah pondasi yang sangat berguna untuk menghadapi ujian-ujian CCIE bagiku.

Puji Tuhan, setelah bootcamp dan berbagai persiapan tambahan dimana di antaranya belajar di rumah IDN (terima kasih kepada IDN yang menyediakan tempat penampungan harapan bagiku dan teman-teman yang berharap lainnya), akhirnya nomor bergengsi CCIE itu dapat kuraih. Tidak bisa dipungkiri IDN turut andil dalam pencapaian ku untuk nomor itu. Aku sangat bersyukur sekali Tuhan mempertemukan ku dengan cara yang ajaib (bagiku tidak ada yang kebetulan di dunia ini). Dan tidak hanya nomor saja, sekarang aku memiliki sahabat yang sudah selayaknya saudara yang sudah tersebar di berbagai perusahaan dan negara yang terkoneksi karena keterikatan dengan IDN.

Sekarang, IDN seperti yang terlihat di websitenya, telah memiliki banyak sekali program-program unggulan yang semakin menarik minat para networker-networker. Tidak hanya dari lokalan saja tapi sampai mancanegara sudah ada yang mengenal IDN bahkan sampai berguru ke markas yang beralamat di anggrek cendrawasih ini. IDN telah mampu menjadi kebanggaan terhadap Indonesia karena sang pabrikan CCIE ini sudah menjadi tempat singgahnya para networker luar negeri yang telah melihat keberhasilan programnya. Suatu kebanggan tersendiri juga bagi saya karena tempat saya menimba ilmu jaringan telah dikenal dan diakui dunia.

Di moment ulang tahun ke 6 IDN ini, selain mengucapkan terima kasih atas pondasi jaringan yang sudah diberikan, saya juga berharap buat IDN agar semakin maju lagi, semakin berbenah lagi khususnya untuk menghadapi tantangan di dunia jaringan telekomunikasi yang semakin canggih. Teman-teman yang mengajar semakin kompak dan semakin jago lagi di bidang keilmuannya masing masing, mas Dedi sebagai pendiri semakin handal lagi dalam mengelola management IDN dan semua stakeholder IDN semakin mencintai IDN dengan segala tantangan yang dihadapi.

Selamat ulang tahun IDN, jayalah selalu dan tetap eksis di dunia jaringan Indonesia dan global.


Salam,



Mangampu R Silaban






Tidak ada komentar:

Posting Komentar